Kilas Balik Program Pengabdian pada Masyarakt (P2M) 2019

Selama kurang lebih satu bulan lebih, santriwan-santriwati  kelas 9 dan kelas 12  Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Bandung telah melakukan pengabdian, dan pembelajaran TPQ/TPA/DTA di sekitar pesantren. Beragam momen selama P2M (Program Pengabdian Masyarakat-red) menjadi kenangan tersendiri bagi para santri. Salah satunya adalah acara perpisahan antara kelompok P2M dengan santri TPQ/TPA/DTA yang di gelar dengan mengadakan berbagai macam perlombaan  dipusatkan di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Bandung, pada tanggal 07-08 Desember 2019.

Kegiatan Program Pengabdian pada Masyarakat ditutup dengan berbagai perlombaaan,  yang diikuti oleh 7 TPQ/TPA/DTA Binaan P2M. Diawali dengan Mushabaqoh Tartil Qur’an (MTarQ), Mushabaqoh Hifzhil Qur’an (MHQ) Juz 30, Pemilihan Da’I Kecil (Pildacil) di sabtu sore kemudian di lanjut perlomban futsal putera di minggu pagi dan dilanjutkan dengan berbagai perlombaan seperti , Lomba Musik Islami serta lomba mewarnai yang menambah kemeriahan kegiatan tersebut.

Acara puncak P2M terpusat di Masjid At-Taqwa Pesantren Tahfzih Daarul Qur’an Bandung dengan pembacaan para pemenang perlombaan. Dihibur oleh penampilan hadrah El-Daqu semakin menambah kemeriahan dan keramaian kegiatan penutupan P2M sehingga memberikan kesan yang menyenangkan bagi para santri dan asatidz TPQ/TPA/DTA yang hadir. Dalam kesan dan pesannya salah satu perwakilan santri TPQ/TPA/DTA yang selama ini mendapatkan bimbingan dari para santri Daarul Qur’an memberikan kesan yang sangat senang dan menyenangkan. “Terima kasih atas ilmu yang telah diberikan kakak-kakak selama ini, semoga Allah membalas kebaikan kakak-kakak semua dan jangan lupain kita yaa”. Ucap Windi salah satu santri DTA Wasilatul Karomah.

Menambahkan Ust. Ilham selaku perwakilan pimpinan TPQ/TPA/DTA dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih atas terselenggaaranya pelaksanaan P2M. “Kami sangat berterima kasih, senang sekali anak-anak kami dibimbing oleh apara santri. Harapannya kegiatan ini bisa berlanjut di tahun-tahun berikutnya”. Ungkap Ust. ilham 08/12. Sementara itu Ketua Panitia P2M/ust. Lukman menyampaikan bahwa P2M Ini memiliki banyak manfaat praktis yang diperoleh khususnya bagi santri kelas 9 dan 12 diantaranya; pengalaman, ilmu, sosial, akhlak dan manajemen organisasi serta manajemen acara. Kemudian ia mewakili segenap pantia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bahu membahu mensukseskan kegiatan tersebut.

Saya mengucap banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu kegiatan ini. Mulai dari asatidz pendamping yang setia menemani anak-anak. Para pimpinan TPQ/TPA/DTA yang dengan sabar dan dan bersedia “diganggu” anak-anak kami yang sedang belajar dan Mengajar”. Tandas Lukmanul Hakim Ketua panitia. Di puncak sambutan dan  Pengasuh Pesantren Tahfzih Daarul Qur’an Bandung memohon agar kegiatan tersebut istikomah dilaksanakan sebagai eksistensi pesantren dalam menuai manfaat bagi masyarakat sekitar. “kegiatan ini harapannya terus dilaksanakan guna mempererat ukhuwah pesantren yang notabene memiliki kewajiban untuk memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Dan bagi santri kelas 9 dan 12 kegiatan P2M ini bisa menjadi pembelajaran dan pengalaman bagi para santri bagaimana suka dukanya menjadi guru  ” Pesan Kyai Khairurrazi, S.Pd.I., M.Sy., Al-Hafizh.

Di akhir acara, Penata Acara membacakan pemenang dari perlombaan-perlombaan yang telah dilaksanakan sejak pagi hari hingga menjelang ashar. Berbagai jenis hadiah dipersiapkan oleh panitia santri dan Pembina pendamping, mulai dari sertifikat, perlengakapan belajar dan hadiah menarik lainnya. Antusiasme santri dan para Pembina pendamping yang mengikuti begitu sangat meriah sehingga kegiatan berjalan dengan menyenangkan sesuai dengan rencana. Kegiatan ini ditutup dengan makan tumpeng bersama para asaatidz pesantren Tahfizh Daarul Quran bandung dan pimpinan DTA sekitar sebagai wujud tasyakuran suksesnya P2M 2019 dan menjadi Momen silaturahmi antar pesantren dan masyarakat. Lukman 08/12