Visit Campus Santri SMA Daqu Bandung

Bismillah, kegiatan Campus Visit merupakan salah satu program dari SMA Daarul Qur’an yg diselenggarakan pada hari Rabu 5 Januari 2020 kegiatan ini adalah rangkaian orientasi pendidikan tinggi di SMA Daarul Qur’an Bandung, setelah sebelumnya sesi Bimbingan Karir di ruang kelas 12, Campus Expo (Pameran PTN dan PTS)  di SMA-SMA Negeri di Kota Bandung, dan Open House ITB serta UNPAD di bulan lalu.

Maksud diselenggarakannya Campus Visit atau Kunjungan Kampus adalah bersilaturrahmi dengan kampus-kampus negeri di sekitar Bandung dan menambah wawasan riil bagi kelas 12 untuk menentukan pilihan kelanjutan studi di Perguruan Tinggi Negeri. Alhamdulillah setelah beberapa humas kampus dihubungi, yang bisa menerima kami kali ini adalah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Jl. Setiabudhi No. 229 Ledeng Kec. Cidadap Kota Bandung dan Institut Teknologi Bandung (ITB) di Jl. Tamansari No. 64 Kota Bandung.

Bersama 18 orang siswa kelas 12, ditemani wali kelas XII-MIPA (Bu Ecin Kuraesin, S.Pd.) dan XII-IPS (Pak Fauzi Syahwal, S.Pd.), serta Staf Media (Pak Harry Haryono, S.Pd.) dan Guru Bimbingan dan Konseling (Pak Oky Pahreisy, S.Pd., C.Ht.), Kami mengunjungi UPI pukul 9.30 pagi dan langsung diterima pihak Humas UPI di Aula University Center Lt.5. Sambutan diberikan oleh Pa Fauzi Syahwal dan pemaparan sosialisasi kampus UPI disampaikan oleh Bu Hana dan Pa Reza. Jalur CIBI (Cerdas Istimewa dan Berbakat Istimewa) khususnya kategori hafizh alhamdulillah masih dibuka untuk seleksi masuk UPI, dengan ketentuan telah hafal Al-Qur’an 30 Juz dan menyertakan portofolio siswa peserta seleksi SNMPTN, SBMPTN maupun SM UPI, dan lulus tes dan wawancara di Direktorat Akademik dan Penerimaan Mahasiswa Baru.

Selepas dari UPI, pukul 11.00 kami beranjak ke Jl. Tamansari untuk melanjutkan perjalanan. Sesampainya di Gerbang ITB kami diarahkan untuk ke Aula Timur, tempat sosialisasi kampus ITB dilaksanakan.

Kami istirahat makan siang sejenak dengan paket cathering dari wali santri (Mamah Putri) di halaman Aula Timur, hingga adzan Zhuhur berkumandang, dan dilanjutkan shalat berjama’ah di Masjid Salman yang sangat termasyhur.

Pukul 13.00 persiapan untuk sosialisasi dari Humas ITB agak terhalang oleh suatu kejadian, karena ada petir keras yang menyambar dan menyebabkan panel cahaya di layar display mati sebagian. Tapi alhamdulillah, sosialisasi tetap dilaksanakan. Diawali oleh sambutan dari Guru BK SMAN 1 Babat, Lamongan Jawa Timur, Bu Ika Novita, M.Psi. dan Guru BK dari SMA Daarul Qur’an Bandung, Pak Oky Pahreisy, S.Pd., C.Ht. dilanjutkan dengan pemaparan slide dari Pa Asep Humas ITB.

Ada yang baru dari seleksi masuk ITB sejak tahun 2019 lalu, bahwa selain SNMPTN (upload nilai rapor) dan SBMPTN (Ujian Tulis Berbasis Komputer), kini dibuka lagi Seleksi Mandiri (SM) – ITB. Berikut informasinya

  • Kuota Jalur Seleksi ITB di tahun 2020
  • Kuota untuk masing-masing jalur seleksi adalah Fakultas atau Sekolah selain Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD): SNMPTN (40%); SBMPTN (40%), dan SM-ITB (20%). Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD): SNMPTN (30%), SBMPTN (40%), SM-ITB (30%).

Seleksi Mandiri (SM) – ITB tahun 2020 dilakukan untuk penerimaan mahasiswa pada semua Fakultas atau Sekolah di ITB. Penyelenggaraan SM-ITB didasarkan pada desk evaluation dengan menggunakan komponen penilaian sebagai berikut :

Hasil UTBK, Nilai Rapor, serta kriteria lainnya, bagi pendaftar ke Fakultas/Sekolah selain FSRD

Hasil UTBK, Nilai Rapor, hasil Tes Keterampilan, serta kriteria lainnya, bagi pendaftar ke FSRD

Acara ditutup dengan penyerahan cendera mata serta bingkisan dari masing-masing sekolah kepada pihak UPI dan ITB, serta bermushoffahah untuk pamitan.  Semoga dengan Kunjungan Kampus ini para siswa semakin bertambah wawasannya dan ambisinya untuk bersaing masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Ke depan kami berharap bisa mengunjungi PTN-PTN lain di luar Bandung dan Jawa Barat dalam rangkaian Fieldtrip Pesantren Goes To Campus. In syaa Allah. Oky Pahreisy (05/02/2020)

Author: ar.daqu