“OUTING CLASS” SMP DAARUL QUR’AN BANDUNG (Fun Interactive tadabur alam melalui rafting )

Situ Cileunca Kampung Singkur, Pangalengan

Program Outing Class merupakan program rutin tahunan yang dimiliki oleh SMP Daarul Qur’an Bandung sebagai bagian dari program kurikulum dan kesiswaan. Program Outing sangat dibutuhkan oleh para siswa, karena dengan kegiatan tersebut diharapkan siswa mampu mengimplementasikan teori-teori yang diajarkan di kelas dapat dipraktekan di luar sekolah, Merefresh (menyegarkan kembali) pikiran peserta didik sehingga diharapkan setelah kegiatan ini motivasi belajar mereka semakin meningkat, menumbuhkan rasa syukur terhadap keindahan alam yang Allah telah berikan, menjalin lebih erat hubungan secara emosional antara guru dan siswa. Oleh karena itu SMP Daarul Qur’an Bandung pada tanggal 24 September 2019 pada kegiatan Outing Class All Level  memutuskan untuk mengikuti kegiatan rafting di Situ Cileunca-Pangalengan.

Bagi sebagian orang pada umumnya kegiatan rafting (Arung Jeram) merupakan kegiatan olahraga extreme dan menantang, dengan media perahu karet dan sungai. Kegiatan tersebut biasanya terdapat di wilayah dataran tinggi di pegunungan yang memiliki aliran sungai yang cukup extreme namun tetap memperhatikan kemanan serta keselamatan bagi peserta rafting. Rafting adalah sebuah aktivitas memadukan unsur petualangan, edukasi, olahraga dan rekreasi dengan mengarungi alur sungai yang ber’jeram’ menggunakan media boat karet, dayung, kayak dan kano. Rafting merupakan olahraga kelompok sangat mengandalkan pada kekompakan team secara keseluruhan. kerjasama yang terpadu dan pengertian yang mendalam antara awak perahu dapat dikatakan sebagai faktor utama yang menunjang keberhasilan melewati hambatan sungai, oleh sebab itu rafting merupakan olahraga yang membutuhkan keterampilan.

Dalam kegiatan Outing Class SMP Daarul Qur’an Bandung melibatkan 61 Siswa dan 20 guru, dimana mereka akan melakukan aktivitas rafting dan games building secara bersama-sama. Kegiatan dimulai dari pukul 06.30 WIB – 15.00 WIB. Seluruh Siswa dan guru berangkat menggunakan kendaraan roda empat  yang sudah disediakan oleh pihak sekolah, Alhamdulillah kami berangkat sekitar pukul 06.30 WIB dan tiba di lokasi kegiatan sekitar pukul 09.30 WIB. Selama perjalanan kami disuguhi oleh pemandangan alam serta jalan raya yang berkelok-kelok sehingga memberikan kesan tersendiri dan pengalaman bagi peserta outing tersebut.  Pada saat tiba di Situ Cileunca, semua peserta disambut hangat oleh pegawai yang siap memandu kami dalam kegiatan outbond. Kegiatan kami di Situ Cileunca diawali oleh proses pembukaan yang dipimpin langsung oleh kepala sekolah SMP Daarul Qur’an Bandung yaitu Ust. Achmad Fauzi, S. Pd,I, M. Pd.

Selama Kegiatan outbond rafting, peserta diberikan ilmu berupa teknik dasar oleh pemandu jika kami akan memulai rafting.  Menurut kami pengalaman tersebut sangat berharga khususnya untuk siswa, karena rafting tidak hanya sekedar menaiki perahu karet dan menyusuri sungai, namun dengan rafting kami bisa belajar pentingnya sebuah kerjasama, pentingnya membangun komunikasi antar teman-teman, Pada saat rafting, kami selalu mendayung, Hal tersebut akan melatih otot tangan dan kaki lebih kuat. It’s an excellent cardio workout! Udara segar yang kami hirup juga baik bagi kesehatan jantung kami, dengan rafting kami juga dapat membangun kedekatan emosional sehingga hubungan guru dan siswa akan seperti keluarga sehingga dapat menciptakan pembelajaran di sekolah lebih baik dan berkarakter. Tidak hanya rafting saja siswa yang di dapat pada saat outing tersebut, namun kegiatan permainan yang dibuat oleh guru-guru dengan sangat menarik sehingga dapat menumbuhkan karakter, sekaligus menumbuhkan kedekatan secara emosional antara guru dengan siswa.

Kegaiatan Outbond selesai sekitar pukul 15.00 WIB, pada saat menuju pulang seluruh peserta mampir sejenak di pusat kegiatan ekonomi masyarakat yang berada di sekitar Pangalengan. Selama kunjungan tersebut semua peserta outing class melihat potensi SDA yang dapat menghasilkan nilai ekonomi yaitu pusat oleh-oleh khas pangalengan berupa macam-macam olahan susu, karena daerah tersebut banyak ditemukan peternakan sapi perah. Kami selaku panitia berharap dengan adanya kegiatan outing tersebut diharapkan siswa mendapatkan pengalaman berharga berupa pentingnya menjaga lingkungan, kerjasama, tanggung jawab, menjaga hubungan baik antara siswa dengan siswa, guru dengan siswa, dan mengetahui potensi SDA daerah yang dijadikan tempat lokasi outing class SMP Daarul Qur’an Bandung tahun ini. (Agni.30/09/19)

Author: ar.daqu