Outing Class SMA Daarul Quran Bandung

Outing  Class merupakan salah satu program SMA Daarul Quran Bandung di Semester 1 tahun pelajaran. Pada outing kali ini ada sedikit perbedaan, diantaranya dari segi konten dan tempat pelaksanaan. Faktor yang melatarbelakanginya yaitu kondisi siswa yang padat akan kegiatan, baik dalam atau luar sekolah, sehingga membuat siswa menjadi jenuh. Kondisi seperti itu tentu juga berpengaruh terhadap pembelajaran di sekolah. Outing Class kali  ini memiliki tema “Menjadi generasi pembelajar dengan semangat dan kepedulian terhadap lingkungan. Oleh karena itu konsep outing kali ini ialah permainan di alam atau disebut juga outbond. Tujuannya ialah untuk me-refresh, atau me-recharge belajarnya.

Outing SMA Daarul Qur’an dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 18 September 2019, dan bertempat di Kampung Wisata Ciherang, Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Sumedang. Hanya satu hari, para santri berangkat mulai pukul 07.00 pagi hari, sampai menjelang sore hari pukul 15.00 bersiap kepulangan. Acara terbagi ke dalam dua sesi, sesi pertama diisi oleh Battle game, dimana para siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bertanding dalam permainan yang sudah ditentukan panitia. Permainan dibagi ke dalam dua pos, dan dalam satu pos terdapat dua macam battle game. Dan adapun sesi dua diisi oleh permainan outbond yang sudah tersedia di tempat, seperti sepeda gantung, Jembatan Gantung, Flying fox, Spider web, dan lain-lain.

Siswa tampak menikmati permainan yang ada, bertanding dalam permainan kelompok, menikmati wahana, dan sebagainya. Kembali lagi ke tujuannya yaitu untuk me recharge “baterai” belajarnya, agar siswa siap mengikuti kegiatan pembelajaran lagi disekolah. (Ihsan.20/09/19)

Author: ar.daqu