SAMBUT TAHUN PELAJARAN BARU SMP-SMA DAARUL QUR’AN GELAR IN HOUSE TRAINING (IHT)

Bandung – DaQu News 24 Juli 2019

Memasuki tahun pelajaran baru 2019/2020, SMP-SMA Daarul Qur’an Bandung menggelar In House Training atau IHT Rabu 24 Juli 2019. In House Training (IHT) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah sebagai persiapan guru untuk menghadapi tahun ajaran baru. Sebanyak  50 peserta yang terdiri dari pendidik dan tenaga kependidikan di SMP-SMA Daarul Qur’an Bandung mengikuti In House Training yang bertempat di Gedung Erlangga Jalan Soekarno-Hatta Bandung.

Dengan tema “Revitalisasi Peran Pendidik Menuju Dream Daarul Qur’an Bandung tahun 2024”  kegiatan IHT tersebut berlangsung sejak pukul 08.00 – 15.00 Wib. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala SMP-SMA, Ketua Komite Daarul Qur’an, Pengawas Pembina dan pemateri.

Kepala SMP Daarul Qur’an Bandung Achmad Fauzi, S.Pd.I., M.Pd., dalam sambutannya mengatakan diadakannya IHT ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kerja guru dalam hal mengajar atau administrasi guru menuju dream Daqu Bandung.

“Harapan dan tujuan dari kegiatan ini agar guru siap menghadapi kegiatan belajar dan pembelajaran di tahun ini. Dan tujuan jangka panjangnya harus selaras dengan dream Daqu Bandung di tahun 2024.” Ungkapnya.

“harapan dari kegiatan ini memberikan pengalaman dan pengetahuan bagi pendidik agar pembelajaran lebih menyenangkan serta tercapainya tujuan”. Kosasih, M.Pd. selaku kepala SMA Daarul Qur’an menambahkan.

Sejalan dengan kepala SMP, Komite sekolah YanYan Budhiana ST dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peran pendidik dalam mengupgrade diri guna menyiapkan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Ditambahkan oleh Prof. Dr. H. Muhammad Najib dalam memberikan keynote speaker, bahwa di zaman industry 4.0 ini pendidik harus mengikuti perkembangan zaman yang serba digital di segala bidang.

“Zaman industry 4.0 ini memudahkan kita dalam berbagai hal; transportasi, media sosial dan pendidikan tentunya. Namun dalam mencari ilmu pengetahuan tetap harus bisa memilah mana yang kemudian bisa jadi rujukan perihal kejelasan referensi atau marja’.”  Ungkap Muhammad Najib yang merupakan guru besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung sekaligus ketua ICMI Jawa Barat.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan review dokumen 1 KTSP 2018-2019 oleh pengawas Pembina SMP Daarul Qur’an Bandung, Bapak Dodi Sunardi, S.Pd., M. M. Pd. Dalam waktu 60 menit pengawas menyampaikan pentingnya kegiatan In House Training berkaitan pembahasan review Dokumen 1 KTSP tahun sebelumnya.

Review dokumen 1 KTSP tahun 2018-2019 perlu dibahas bertujuan untuk menghasilkan dokumen KTSP pada tahun 2019-2020 yang berkualitas dan dapat diimplementasikan dengan baik.” Penjelasan Dodi Sunardi.

Materi akhir yang diagendakan dalam kegiatan IHT tersebut adalah Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang disampaikan oleh Ida Widaningsih, S.Pd., M.Si. Pemateri mengupas paradigma penilaian lama dengan penilaian terbaru yang lebih komperhensif yang disesuaikan dengan zaman revolusi 4.0. Selain itu materi panduan penilaian ini mempermudah dan memberi keleluasaan pendidik dalam memberikan penilaian terhadap peserta didik dari berbagai sisi. Kegiatan ditutup dengan doa dan foto bersama oleh peserta dan pemateri. (A.F,A.R /24/02/2019).

Selengkapnya artikel IHT di link berikut Artikel IHT 24 Juli 2019 Aan

Author: ar.daqu