Kegiatan Rebo Resik Santri Daarul Qur’an Bandung

Santriawan dan Santriawati Daarul Qur’an Bandung sedang melaksanakan kegiatan rutin “Rebo Resik” yang dilaksanakan setiap hari rabu sebelum jam KBM. Rebo Resik adalah kegiatan menyisir bersih sampah yang terlihat di lingkungan kampus Daarul Quran Bandung.

Sehat adalah suatu kondisi di mana cacat fisik mental dan sosial tidak hanya bebas dari penyakit tetapi juga tidak mengalami gangguan dalam kehidupan sehari-hari.

Budaya yang sehat sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Sama halnya di lingkungan Pesantren. Gaya hidup Santri di Pesantres juga didasarkan pada nilai-nilai yang diilhami oleh atmosfer yang dapat disimpulkan dalam jiwa Santri.

Yang dimaksud dengan penyakit adalah kondisi yang tidak menyenangkan yang menimpa seseorang dan menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari, baik secara fisik maupun mental dan sosial (Perkin, p.).

Budaya bersih merupakan cerminan sikap dan perilaku masyarakat dalam menjaga dan menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini ada sekitar 40.000 perguruan tinggi Islam di Indonesia sebagai lembaga pendidikan.

Penyakit menular lingkungan dan perilaku seperti tuberkulosis paru, infeksi saluran pernapasan atas, diare, dan penyakit kulit masih merupakan masalah kesehatan yang terjadi di perguruan tinggi Islam (Depkes, 2000).

Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau. Di zaman modern, setelah Louis Pasteur menemukan proses penularan penyakit atau infeksi disebabkan oleh mikroba, kebersihan juga bererti bebas dari virus, bakteria patogen, dan bahan kimia berbahaya.

Kebersihan adalah salah satu tanda dari keadaan hygene yang baik. Manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sihat, tidak berbau, tidak malu, tidak menyebarkan kotoran, atau menularkan kuman penyakit bagi diri sendiri mahupun orang lain. Kebersihan badan meliputi kebersihan diri sendiri, seperti mandi, gosok gigi, mencuci tangan, dan memakai pakaian yang bersih.

Mencuci adalah salah satu cara menjaga kebersihan dengan menggunakan air dan sejenis sabun atau detergen. Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan produk kebersihan tangan merupakan cara terbaik dalam mencegah penularan influenza dan batuk.

Kebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal, tempat bekerja, dan tempat awam. Kebersihan tempat tinggal dilakukan dengan cara mengelap tingkap dan perabot rumah, menyapu dan mengemop lantai, mencuci peralatan masak dan peralatan makan , membersihkan bilik mandi dan jamban, serta membuang sampah. Kebersihan lingkungan dimulakan dengan menjaga kebersihan halaman dan membersihkan jalan di depan rumah daripada sampah.

Tingkat kebersihan berbeda-beda menurut tempat dan kegiatan yang dilakukan manusia. Contohnya, kebersihan di rumah berbeda dengan kebersihan ruang bedah di rumah sakit.

Author: arrome