Bussines For Zakat (BFZ) Santri Daarul Qur’an Bandung

Senyum semangat menghiasai wajah para santri/wati Pesantren Tahfizh daarl Qur’an Bandung, meskipun sedang berpuasa para santri tetap semngat untuk mempersiapkan makanan yang akan mereka jual untuk takjil.  tepat pada hari sabtu dan minngu 11-12 Mei 2019, para santri dan santriwati Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Bandung melaksanakan kegiatan Bussines For Zakat (BFZ) yang rutin dilaksanakan pada bulan Ramadhan. BFZ merupakan media pembelajaran utuk para santri di dalam berbisnis, akan tetapi BFZ ini bukan hanya sekedar pelajaran bisnis saja. Berbeda dengan model bisnis yang lain, seluruh keuntungan dari hasil penjualannya itu diberikan sebagai zakat, artinya para santri tidak hanya belajar tetapi juga sekaligas beramal.

Sesuai dengan momen bulan suci Ramadhan, barang yang dijual adalah makanan takjil. Yang membuat BFz ini semakin menarik untuk para santri adalah, karena seluruh persiapannya dilakukan pleh para santri sendiri. Dari mulai membeli bahan makanan, memasak, mengemas sampai menjualnya, jadi ini merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi para santri untuk belajar berbisnis, sehingga nanti akan muncu pengusaha-pengusaha hebat dari kalangan santri yang sekarangpun sudah banyak sekali buktinya.

Selain itu, mental berbisnis para santri juga diuji, bagaimana cara mereka mempersiapkan barang dagangannya sampai bagaimana mereka menawarkan barag dagangnnya kepada calon pembeli. para santri dibagi kebeberapa kelompok, kemudian mereka disebar ke tempat-tempat diluar pesantren yang sering dikunjungi masyarakat untuk berburu takjil. Hasil dari BFZ ini seluruhnya akan disumbangkan untuk masyarakat disekitar pesantren.

Author: Ilham