UJIAN KOMPREHENSIF SANTRI KELAS 12 TAHUN 2019

Bandung. Senin, 22 April 2019 para santri kelas 12 yang akan lulus mengikuti ujian komprehensif pesantren. Ujian komprehensif merupakan program pesantren Tahfizh daarul Qur’an bandung yang diadakan diakhir tahun khusus untuk santri kelas 12 yang akan lulus. Ujian ini wajib diikuti oleh seluruh santri kelas 12, baik putra maupun putri. Karena ini merupakan salah satu syarat kelulusan para santri di Pesantren tahfizh Daarul Qur’an bandung.

Selain sebagai salah satu syarat kelulusan, ujian komprehensif juga merupakan moment para santri untuk mengulang kembali pelajaran yang telah dipelajari selama nyantri di pesantren. Materi yang diujikan adalah pelajaran-pelajaran pesantren yang tercakup dalam Dirosah Islamiah, amaliah pesantren dan materi bahasa arab, tentu hasil yang diharapkan adalah kesiapan mental para santri untuk mengamalkan ilmu yang didapatkan di pesantren kepada masyarakat luas. Para santri kelas 12 yang akan lulus ini akan turun langsung ke tengah-tengah masyrakat setalah menyelesaikan nyantrinya di pesantren, hal ini butuh kesiapan mental dan ilmu sehingga peran para santri nanti benar-benar dirasakan ditengah-tengah masyarakat.

Ujian kompre ini bener-bener melatih mental ” ujar Nasywa salah satu santriwati kelas 12 yang baru saja keluar ruangan ujian, sementara menurut Ainy, ujian komprehensif ini menjadi tolak ukur pengetahuan kita tentang landasan dalil amaliah yang setiap hari kita lakukan”. Ujian komprehensif juga bertujuan untuk menguatkan landasan dalil para santri sehingga para santri siap dan mampu untuk terjun langsung ke masyarakat.

Author: Ilham